Kapolres Pematang Siantar Pimpin Pelaksanaan Disposal 1 Buah Mortir Aktif

Admin

Senin, 21 Agu 2023 09:02 WIB
Array

WaroengBerita.com – Pematangsiantar | Bertempat di Jalan Ringroad Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar. Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK  pimpin pelaksanaan disposal (penghancuran) 1 (satu) buah mortir aktif yang ditemukan masyarakat, pada Minggu (20/8/2023).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakapolres Kompol Pardamean Hutahaen SH SIK MH, Kabag Logistik Kompol Marhalam Napitupulu SPd, Kasat Intelkam AKP Bobi Vaski Pranata SIK, Kasat Reskrim AKP Banuara Manurung SH, Kasi Propam AKP Sri Surtiyati, Kapolsek Siantar Utara AKP Herli D Damanik SH, Kapolsek Siantar Martoba Iptu Riswan, KBO Sat Intelkam Iptu HM Siallagan, Katim Jibom Den Gegana Brimob Polda Sumut bersama Aiptu Bambang Sudirmanto SH, Unit Composit Jibom Dentasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut.

Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK menyampaikan mortir ditemukan oleh warga masyarakat di parit depan SDN 124400 Lorong 7 Perluasan, Jalan Batongkuran kiri, Kelurahan Sigulang-gulang, Kecamatan Siantar Utara Kota Siantar, Sabtu 19 Agustus 2023 sore sekira pukul 16.00 wib.

Kemudian masyarakat tersebut membersihkan mortir untuk dijual ke penampung barang bekas (botot). Namun pihak penampung barang bekas tidak menerima dan menghubungi personil Polsek Siantar Utara bahwa ada masyarakat menemukan mortir di Jalan Batongkuran Kiri Lorong 7.

Selanjutnya Kapolres meminta bantuan ke Sat Brimob Polda Sumut (Poldasu) sekira pukul 19.30 wib. Tim Unit Komposit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimon Poldasu dipimpin Aiptu Bambang Sudirmanto tiba dilokasi dan sekira pukul 20.30 wib berhasil mengamankan satu unit mortir tersebut dengan mengevakuasinya ke Mako Kompi 2 Yon B Sat Brimob Polda Sumut di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Asahan, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar.

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), mortir tersebut diledakkan dan dihancurkan di lokasi yang jauh dari pemukiman dan jauh dari keberadaan warga dan mortir yang dihancurkan berjalan dengan aman dan lancar.

Kemudian tim melakukan pengecekan terhadap objek ledakan dan dilakukan tindakan penyempurnaan dan sisa proyektil serta selongsong mortir dibawa ke Kompi 2 Yon B Polda Sumut dan Jenis Mortir Yang dilakukan tindakan disposal berupa 1 (satu) unit ukso mortir 81 mm, berjenis M66.***(Mona)

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

Berita Terbaru

Chat WhatsApp