Percepatan Antisipasi Stunting, Pemdes Bilah Hilir Apresiasi Aplikasi Pasti

Admin

Kamis, 21 Sep 2023 08:10 WIB
Array

WaroengBerita.com – Labuhanbatu | belum lama peluncuran aplikasi ‘Pasti’ atau singkatan dari Percepatan Dan Antisipasi Stunting. Telah banyak menuai apresiasi dari pemerintah maupun kalangan masyarakat di pedesaan.

Karena Aplikasi ini diluncurkan untuk menjawab penanganan berbagai hal di era teknologi informasi yang membutuhkan kecepatan informasi dan penyelesaian berbagai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Aplikasi ‘Pasti’ yang diinisiasi Kapolres Labuhanbatu itu banyak menuai apresiasi dari masyarakat serta pemerintah Desa Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara.

Apresiasi tersebut diungkapkan Pemerintah Desa Selat Besar Kec Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bilah Hilir dan Masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi serta Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu SIK atas program Polri dalam mempercepat penanganan Stunting di Kabupaten Labuhanbatu.

Dengan menggandeng Pemkab Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara serta pemangku kepentingan terkait lainnya seperti BKKBN, IDI, pegiat stunting, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Polres Labuhanbatu berkomitmen proaktif bersama-sama mempercepat dan mengantisipasi stunting di wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

“Dengan adanya aplikasi yang diinisiasi membuat inovasi pemecahan masalah dengan konsep berbasis digital yang dinamakan PASTI Polres Labuhanbatu ini, harapannya bisa mempermudah masyarakat dalam penanganan percepatan dan pencegahan, maupun keingintahuan jumlah balita pengidap stunting,” terang Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu SIK Melalui Kapolsek Bilah Hilir Iptu S Lumban Gaol SH kepada wartawan, Kamis (21/9/2023) melaui sambungan seluler.

Dikatakan Kapolsek lagi, Hal ini yang menjadi latar belakang dan urgensi perlunya percepatan dalam penanganan stunting melalui suatu inovasi pemecahan masalah dengan penerapan strategi pemolisian 4.0.

“Aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu ini merupakan aplikasi berbasis android yang memudahkan Tim Terpadu Penanganan Stunting untuk mengetahui perkembangan kesehatan anak per minggu, asupan vitamin dan tambahan makanan bergizi yang telah diberikan, serta dapat secara langsung melakukan video call dengan anak stunting untuk mengetahui secara langsung perkembangan anak stunting tersebut,” paparnya.

Percepatan dan Antisipasi Stunting dilakukan dengan mengoptimalkan serta mengubah metode dari menunggu “pasif” menjadi sistem “door to door” atau proaktif mengunjungi anak stunting serta dengan pemanfaatan teknologi digital untuk membantu pendataan, pencatatan, pengolahan informasi serta tindakan percepatan yang harus dilakukan.

“Inovasi Problem Solving dengan pemanfaatan PASTI Polres Labuhanbatu ini, merupakan tindak dari upaya Polri dalam mendukung program lanjut prioritas Pemerintah serta Program Quick Wins Kapolri Presisi dan Program Kita Kapolda Sumut, menuju transformasi Polri yang Presisi serta semakin dicintai masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan dalam penganan percepatan antisipasi stunting dapat mendownload aplikasi Pasti Polres Labuhanbatu dari Playstore . ***(AS)

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp