Tips Menjadi Salesman yang Sukses

Abdi

Sabtu, 20 Nov 2021 12:14 WIB
Array
Ilustrasi Gambar : Pexels

waroengberita.com – Apa yang bakal Anda pikir bila dengar kata “salesman”? Kemungkinan dan banyak orang memandang karier ini negatif hanya karena bekerja sebagai tenaga penjual saja. Beberapa orang secara umum memandang jika salesman ialah seorang yang kerap memaksakan calon konsumen untuk beli beberapa produk mereka. Oleh karena itu, beberapa orang yang tidak ingin jadi seorang salesman karena takut dicap negatif. Apa lagi bila dihadapkan jadi seorang salesman yang sukses, apa mungkin?

Tetapi tahukah Anda meskipun salesman kerap dicap negatif dan tidak ada orang yang tertarik menjadi seorang salesman, malah mereka memegang peranan penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan. Tanpa tenaga penjual, bagaimanakah mungkin produk sebuah perusahaan dapat laris? Dapat dikatakan jika salesman sebagai ujung tombak kesuksesan sebuah perusahaan.

Kesempatan karier sebagai salesman yang sukses masih lebar terbuka. Tetapi silahkan kita ketahui terlebih dahulu jika sales dan pemasaran itu berlainan. Pemasaran fokus pada penambahan merek awareness produk maupun jasa yang ditawari oleh perusahaan. Sedangkan, sales bekerja sebagai distributor produk dan jasa dari sebuah perusahaan ke customer atau konsumen setia . Maka, tanpa tenaga sales maka kiat marketing apa saja yang digunakan, pastinya perusahaan tidak memperoleh keuntungan.

Meskipun sebetulnya semua karier itu sebagai sisi dari sektor tugas dalam suatu perusahaan yang meliputi sales, pemasaran, finance dan akunting, administrasi, dan tehnologi info. Nach disini kita dapat menyaksikan jika sales selalu diperlukan karena sebagai unsur pembangun kesuksesan perusahaan. Tanpa sales pasti perusahaan tidak dapat bergerak.

Tips Menjadi Salesman yang Sukses

Dalam sektor tenaga pemasaran atau salesman rupanya mempunyai jenjang karier. Berikut yang semestinya jadi motivasi untuk Anda. Sama seperti dengan tugas yang lain di mana menuntut kita menjadi ‘bawahan’ terlebih dahulu, begitupun dengan bagian sales.

Bila Anda memang inginkan kenaikan karier sebagai sales dan jadi salesman yang sukses, tips-nya ialah mencari sertifikasi CPSM atau Certified Profesional in Sales Manajemen. Sertifikat ini berperan saat Anda naik kedudukan nantinya jadi seorang sales manajer.

Anda dapat memperhatikan panduan jadi salesman yang sukses berikut :

  1. Jenjang karier salesman lumayan panjang yaitu diawali: Sales executive, sales supervisor, sales tempat manajer, national sales manajer, general manajer sales, dan sales director.
  2. Miliki prestasi yang baik dalam pemasaran. Anda dapat menggunakan mekanisme B2B (business to business) karena perusahaan umumnya menyenangi sales yang dapat semacam ini. Pemasaran Anda akan berharga lumayan besar.
  3. Agar sukses dalam mekanisme pemasaran business to business, seorang salesman harus memiliki jaringan kuat dan luas dan sanggup menjaga karingan client tersbeut.
  4. Punya jiwa kepimpinan dan leadership pasti jadi pemikiran faksi perusahaan untuk meningkatkan status Anda . Maka tidak cukup hanya punyai prestasi pemasaran yang baik.

Pendapatan Salesman

Kemungkinan Anda bertanya berapakah sich pendapatan seorang salesman? Untuk awalnya memang seorang salesman mempunyai upah yang tidak berbeda jauh dengan karyawan seksi yang lain, bahkan juga terkadang lebih kecil. Tetapi, ada satu hal yang pantas dipikir yaitu tantangan kerja yang dipunyai oleh salesman.

Tantangan berikut yang memberi pendapatan yang tetap semakin bertambah dari hari ke hari -jika Anda sukses menjawabnya. Untuk seorang pegawai sales yang sudah berkiprah sekitaran 3-5 tahun dapat mendapat upah sampai 10 juta rupiah, belum termasuk komisi penjualan.

Sementara itu mereka yang bekerja sebagai salesman yang sukses sepanjang 5-10 tahun dapat memperoleh upah s/d 20 juta rupiah. Upah itu umumnya berdasar pada prestasi kerja dan pengalamannya. Oleh karena itu juga bisa saja bila seorang salesman bahkan juga dapat mendapat pendapatan sampai miliaran rupiah.

 

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp