Anak Sering Bikin Masalah…? Ups…. Tenang Dulu, Ini Dia Cara Mengatasinya!

Admin

Sabtu, 10 Sep 2022 11:02 WIB
Array

waroengberita.com | Halo para orangtua…!!!! sudakah anda melakukan yang terbaik buat anak anda.? Kalo belum yok mari kita kulas beberapa tips untuk mengenali kemampuan dan mencerdaskan anak.

Seorang anak sebutlah namanya Adi (bukan nama sebenarnya), menunjukkan kemampuannya yang suka bermain game, setiap hari Adi selalu sibuk bermain game, namun di sekolah, Adi sangat terlihat kurang di bidang akademiknya. Pada fenomena yang dialami Adi, apakah dengan demikian Adi bukanlah anak yang cerdas.?

Ups… tunggu dulu, jangan langsung ambil kesimpulan dulu ya…!!! sebelum menyimpulkan mari kita telusuri dulu makna kata cerdas dan kecerdasan.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, cerdas diartikan sebagai kemampuan dalam berpikir tajam, sempurna dalam perkembangan akal budinya. Sementara pengertian kecerdasan adalah kemampuan secara akal budi dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sehari hari.

Jadi ternyata dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa kecerdasan anak bukanlah diukur dari nilai akademiknya, melainkan dari cara dia untuk menyelesaikan permasalahnnya. 

Anak saya sering bikin masalah, saya sebagai orangtua harus bagaimana…? 

He..he..he..!!! Bukankah semua anak suka bikin masalah..? namanya anak pasti suka bikin masalah, itu dikarenakan sang anak secara pemikiran belum tau membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, sang anak akan melakukan sesuatu yang bisa membuat dia bahagia tanpa mempedulikan dampaknya.

Sebagai orangtua kalo bisa jangan sampai membatasi kegiatan kegiatan sang anak, apalagi kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang paling disukai anak kita ya…!!! tapi bukan berarti kita membiarkananak kita melakukan sesuatu sesuka hati, sebagai orangtua tentu kita harus memberikan pengawasan, tapi ingat jangan membatasi ya…!!!.

Jadi intinya untuk mengetahui kemampuan sang anak, kita tentunya harus memberikan kebebasan untuk anak melakukan apa yang dia mau, bukan apa yang kita mau, tapi jangan lupa kalau anak kita mendapatkan masalah dalam melakukan kegiatannya, jangan langsung dimarahin namun sebagai orangtua harus bisa memberikan gambaran untuk anak supaya anak bisa menyelesakan masalahnya sendiri.

Luar biasa bukan jika sang anak di didik untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dari kecil, kebayangkan besarnya gimanana.? ya pastilah besarnya pasti sangat bijak dalam menyelesaikan masalah, sama kayak saya… Upsss.. bercanda.. (WB053)

Berita Terkait

Sabtu, 10 Sep 2022 11:02 WIB / Dibaca 1731 kali
Sabtu, 10 Sep 2022 11:02 WIB / Dibaca 1731 kali
Sabtu, 10 Sep 2022 11:02 WIB / Dibaca 1731 kali
Sabtu, 10 Sep 2022 11:02 WIB / Dibaca 1731 kali
Sabtu, 10 Sep 2022 11:02 WIB / Dibaca 1731 kali
Sabtu, 10 Sep 2022 11:02 WIB / Dibaca 1731 kali

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp