Bupati Vandiko Hadiri Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke-78 di Polres Samosir

Admin

Senin, 1 Jul 2024 11:21 WIB
Array

WaroengBerita.com – Samosir | Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menghadiri upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78 Polres Samosir yang digelar di Tanah Lapang Pangururan, Senin (1/7/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Samosir AKBP. Yogie Hardiman S.H, S.I.K, M.H. Turut hadir Kajari Samosir KG Hutagaol, SH, M.Hum, Anggota DPRD Samosir Marco C. Simbolon, Pabung 0210/TU G. Sebayang, Sekdakab Marudut Tua Sitinjak, Pimpinan OPD, Camat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, para Danramil, Pimpinan Instansi Vertikal, OKP, Ormas dan seluruh PJU beserta personel Polres Samosir.

Dalam Hari Bhayangkara ke-78, tema yang di usung adalah “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”.

Dalam amanatnya, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, S.H, S.I.K, M.H menyampaikan selamat memperingati hari Bhayangkara yang ke-78 tahun 2024 pada seluruh anggota dan keluarga besar Polres Samosir.

“Kami juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian saudara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan, saudara tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas dan integritas yang cukup tinggi sehingga dapat mewujudkan situasi yang tetap kondusif dalam rangka mendukung program pemerintah,” katanya.

Kapolres menambahkan, selama perjalanan waktu 78 tahun ini telah mematangkan karakter pengabdian untuk menjadikan Polri lebih cerdas dan tegar dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam negeri. Beberapa prestasi dan pencapaian kinerja Polri pada dewasa ini telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah masyarakat bahkan dunia internasional, salah satunya keberhasilan dalam mengamankan agenda nasional diantaranya yaitu Pemilihan Umum tahun 2024 menjadi bukti nyata atas kerja keras dan profesionalisme Polri. Pencapaian ini tidak terlepas dari bantuan dukungan dan kerjasama dengan masyarakat dan seluruh stakeholder.

“Meski demikian, kita sadari bahwa disamping keberhasilan dan pencapaian tersebut masih terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan yang perlu diperbaiki terutama dalam upaya membangun kepercayaan publik,” imbuhnya.

Pada aspek pembinaan, masih ditemukannya oknum anggota Polri yang melakukan pelanggaran baik disiplin, kode etik maupun tindak pidana yang menciderai nama baik dan menurunkan citra institusi Polri.

Kepada segenap jajaran Polres Samosir, Kapolres menyampaikan beberapa pesa dan instruksi diantaranya agar meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menanamkan terus kesadaran diri bahwa profesi kepolisian merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat bangsa dan negara. Menginventarisir permasalahan dilapangan dalam penanganan konflik sosial, meningkatkan kemampuan deteksi dini terhadap berbagai kemungkinan terjadinya kekerasan dan tindak kriminal lainnya, meningkatkan kesiapsiagaan operasional, mengoptimalkan kemampuan personil jajaran Polres Samosir melalui pelatihan rutin yang sistematis dan integral melalui prosedur yang tetap dan jelas.

Kapolres juga berpesan agar terus mengembangkan konsep Bhabinkamtibmas yang berprinsip pada kesetaraan Polri dengan masyarakat melalui pelibatan dalam penyelesaian permasalahan; meningkatkan kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang efektif antara penegak hukum pengembangan fungsi kepolisian dan pemangku kepentingan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dalam rangka mensukseskan Pilkada tahun 2024; serta melanjutkan program reformasi birokrasi di jajanan Polres Samosir dan meningkatkan prestasi melalui pencapaian kinerja di tahun 2024 ini.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan syukuran di Mako Polres Samosir dalam peringatan HUT Bhayangkara ke-78.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menyampaikan selama HUT Bhayangkara Ke-78 kepada segenap anggota Polri khususnya jajaran Polres Samosir.

Vandiko mengatakan, dalam menjalankan roda pemerintahan, Pemkab Samosir selalu mengutamakan dan mengedepankan sinergitas, baik terhadap pemerintah atasan dan juga dengan mitra pemerintah TNI/Polri dan masyarakat.

Bupati mengapresiasi Polres Samosir yang senantiasa mendukung seluruh program pemerintah yang ada di Kabupaten Samosir. Dalam peningkatan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19, Polres Samosir juga telah berperan besar dalam memberi pengamanan dan ketertiban.

“Mewakili pemerintah dan masyarakat, saya mengapresiasi seluruh kinerja Polres Samosir. Selamat ulang tahun Bhayangkara ke-78, semoga seluruh jajaran diberi kesehatan dan perlindungan oleh Tuhan dalam menjalankan tugas pengayoman kepada masyarakat,” ujar Bupati Vandiko Gultom.

Dalam rangkaian acara syukuran tersebut, Kapolres Samosir menyerahkan tali asih kepada Warakauri dan pensiunan Polri, hadiah kepada anak anggota Polres Samosir yang berprestasi, dan penyerahan hadiah kepada pemenang pertandingan Tenis Meja dalam memeriahkan HUT Bhayangkara ke-78, yang diserahkan oleh Bupati Samosir Vandiko Gultom.(VLS)

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp