Hadiri Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) XII, Nawal Lubis Berharap Melalui Ajang Tersebut Produk UMKM dari Sumut Semakin Berkembang

Admin

Rabu, 23 Mar 2022 09:56 WIB
Array

waroengberita.com – JAKARTA | Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis terkesan dengan semangat pegiat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sumut. Mereka bersemangat memamerkan produk-produk terbaik Sumut di Inacraft XII di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

Setelah vakum dua tahun lamanya, Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) XII akhirnya kembali di gelar. Mengusung tema Smiling Heritage of West Java; From Start Village to Global Market Inacraft dibuka secara resmi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Rabu (23/3).

Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis mengunjungi stand-stand milik pegiat UMKM asal Sumut, dan terkesan dengan upaya keras dari mereka. Nawal mengunjungi stand-stand seperti kerajinan tangan, produk tenun, kopi dan lainya.

“Saya apresiasi semangat teman-teman dari setiap daerah. Mereka berupaya keras untuk memamerkan produk-produk kebanggaan Sumut ke dunia, mengingat ini salah satu event terbesar di Asia Tenggara,” kata Nawal, saat di wawancara di JCC.

Inacraft XXII dengan ikon Jawa Barat akan berlangsung selama empat hari dan di tutup, Minggu (27/3). Ada 700 lebih peserta yang hadir, sekitar 510 peserta dari individu dan 169 dari binaan dinas serta dari BUMN.

Green and White Breaking News Facebook Post 90

Ajang pameran ini juga dihadiri pengunjung dari berbagai belahan dunia dan juga Indonesia. Pengunjung juga diprediksikan akan lebih banyak dari pagelaran sebelumnya karena Inacraft kali ini digratiskan oleh panitia.

Nawal berharap, melalui ajang ini sektor industri kreatif dan pariwisata Sumut akan bangkit kembali setelah dihantam Covid-19 selama dua tahun. “Selama ini kita kesulitan karena covid-19, melalui Inacraft saya harap kita bisa bangkit lagi, karena di sini sangat banyak pengunjung dari luar negeri maupun nasional,” tambah Nawal.

Inacraft kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena diselenggarakan dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Pembukaan Inacraft XXII juga dilakukan secara hybrid namun, ini tidak mengurangi kemeriahan pagelaran produk kreatif terbesar se-Asia tenggara ini.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo mengingatkan agar masyarakat memperkuat kecintaan pada produk-produk dalam negeri. Dengan begitu pengerajin dan industri kreatif di Indonesia akan lebih mudah untuk maju.

“Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk dalam negeri utamanya produk-produk kerajinan. Ini akan memajukan pengrajin kita, memajukan UMKM kita,” kata Presiden saat membuka secara resmi Inacraft XXII.
Presiden RI sendiri hadir dalam pembukaan ini didampingi Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (H15/DISKOMINFO SUMUT) (WB050)

 

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

Berita Terbaru

Chat WhatsApp