Lengkapi Natalmu dengan 10 Jenis Makanan Ini, Dijamin Nampol

Admin

Senin, 7 Nov 2022 12:45 WIB
Array

waroengberita.com – MEDAN | Tidak terasa kita sudah hampir sampai di penghujung tahun 2022. Seperti biasa bagi masyarakat yang menganut Agama Kristen atapun Katolik, penghujung tahun ataupun bulan Desember menjadi bulan yang sangat dinanti nantikan.

Dimana pada bulan Desember masyarakat yang beragama Kristen maupun Katolik akan merayakan pesta yang besar yaitu “Natal”. Pada moment Natal inilah biasanya para keluarga akan berkumpul untuk merayakannya.

Namun sobat, tidak lengkap rasanya jika kita merayakan Natal tanpa disuguhkan berbagai jenis makanan yang sangat menggiurkan.

Seperti yang dibawah ini, 10 jenis makanan yang bisa melengkapi Natal mu bersama keluarga, dijamin nampol deh.

1. Ikan Mas Arsik

 

620

Makanan yang satu ini berasal dari Sumatera Utara tepatnya dari Suku Batak. Bagi orang Batak makanan ini sering dihidangkan saat hari hari besar, salah satunya saat merayakan Natal.

Cara membuatnya juga gampang, kalian tinggal merebus ikan masnya bersama dengan aneka ragam rempah rempah dan bumbu khas Batak. Rempah yang digunakan juga unik seperti Andaliman, Daun Bawang Batak, Cabai, Bawang Merah & Putih, Kunyit, dll.

2. Poporcis 

621

Tidak lengkap rasanya jika merayakan Natal tanpa dihidangkan kue kue tradisional. Nah yang satu ini ada Kue Poporcis yang menjadi kue khas Natal asal dari Ambon. Rasanya yang manis dengan bentuk yang bulat dan teksturnya lembut mirip pancake, membuat kue ini diburu saat merayakan Natal khusunya bagi warga Ambon.

3. Pa’piong

622

Nah, makanan yang satu ini berasal dari Tana Toraja, namanya Pa’piong yang terdiri dari daun miana yang dicampur dengan daging ayam atau babi, kelapa parut, dan aneka rempah lainnya yang membuat makanan ini memiliki aneka rasa yang sangat istimewa.

Cara masaknya juga unik, yaitu dengan cara dibakar dimana semua bahannya akan dimasukkan ke dalam sebuah bambu kemudia dibakar diatas api dengan cara tradisional.

4. Babi Panggang

623

Tentu kalian tidak asing dengan makanan yang satu ini, sebenarnya makanan ini sudah menjadi makanan yang sering dikonsumsi pada hari hari biasa, bukan hanya pada hari hari besar saja. Namun bagi sebagian daerah, makanan ini masih sangat diutamakan saat merayakan Natal apalagi bersama keluarga.

Cara pembuatannya juga tidak susah, dan kalian tidak perlu membeli makanan yang siap saji untuk menikmati makanan ini. Kalian hanya perlu menyediakan daging babi, arang, dan mempersiapkan bumbu bumbunya seperti cabai rawit, bawang, jeruk nipis. 

5. Klappetaart 

624

Makanan khas Manado yang biasa disajikan saat Natal yaitu klappetaart. Klappetaart adalah kue manis yang bisa disantap sehabis makan besar sebagai hidangan penutup.

Kue manis ini terbuat dari daging kelapa, susu, telur, tepung dan mentega yang dipanggang. Konon klappetaart merupakan makanan tradisional yang terpengaruh dari Belanda.

6. Nastar 

625

Nastar adalah kue kering yang sudah sangat dikenal di Indonesia sebagai kue yang disajikan untuk perayaan hari istimewa, termasuk Natal. Siapa sih yang tidak kenal dengan nastar ini? Kue kering dengan isian selai nanas dan tampilan warnanya kuning menggoda.

7. Ayam Rica-rica

626

Makanan khas Natal ketujuh adalah ayam rica dari Manado, Sulawesi Utara. Melansir laman Indo Indians, dalam bahasa Manado, rica berarti pedas atau cabai. Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi bertabur bawang goreng dan mentimun.  

Bisa pula menambahkan perasan jeruk nipis untuk menambah rasa segar dan menetralisir rasa pedasnya. Rasa ayam rica yang pedas membuatnya selalu ditunggu di meja makan saat Natal.

8. Kohu-Kohu 

627

Kohu-kohu merupakan hidangan seafood kesukaan keluarga di Maluku. Makanan ini kaya akan protein, mineral, vitamin, dan omega 3. Cara membuat kohu-kohu cukup sederhana. Ikan Tuna makarel suwir dicampur dengan kelapa parut halus, toge, terong, kacang panjang, air jeruk nipis, bawang merah, cabai rawit dan kemangi.

9. Kacang Tojen 

628

Kacang Tojen juga masuk ke dalam camilan yang selalu disajikan saat perayaan natal. Di Batak, kacang tojen juga dikenal dengan sebutan kacang tojin. Cara membuat camilan natal ini terbilang mudah. Kacang tanah yang sudah dikupas lebih dulu direbus sampai matang. Setelah matang kacang tersebut didiamkan dalam rendaman air sampai menjadi dingin.

Kemudian, lapisan tipis pada kacang itu dilepas dengan menggunakan tangan. Proses pengupasan kacang inilah yang dapat memperat hubungan sesama keluarga bahkan tetangga. Biasanya ketika mengupas lapisan kacang dilakukan bersama-sama. Kebersamaan itulah yang telah menjadi tradisi saat menyiapkan kue natal di Batak.

Kacang yang sudah dikupas tadi, kemudian diberi bumbu. Bumbunya sangat sederhana, hanya berupa garam dan bawang saja. Kacang diaduk sampai bumbu tersebut merata. Baru kemudian kacang digoreng dengan minyak panas. Nantinya kacang yang sudah matang akan terasa gurih dan beraroma.

10. Kembang Loyang/Kembang Goyang

629

Kembang loyang menjadi makanan legendaris khas Indonesia. Makanan ini pun sering dijadikan makanan hidangan untuk tamu yang datang berkunjung ke rumah saudara.

Maka tak heran juga, makanan ini selalu menjadi makanan hidangan saat Natal dan tahun baru tiba. Beberapa rumah umat kristiani menyajikan makanan tersebut.

Nah itu dia 10 jenis makanan yang mesti kalian coba saat merayakan Natal bersama keluarga. Semoga Natal tahun ini penuh berkah ya sobat. (Robert Purba) (WB053) 

Berita Terkait

Senin, 7 Nov 2022 12:45 WIB / Dibaca 584 kali
Senin, 7 Nov 2022 12:45 WIB / Dibaca 584 kali
Senin, 7 Nov 2022 12:45 WIB / Dibaca 584 kali
Senin, 7 Nov 2022 12:45 WIB / Dibaca 584 kali

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp