Peringatan HUT RI Ke-78 di Humbahas Berjalan Hikmah Meski Diguyur Hujan

Admin

Kamis, 17 Agu 2023 04:27 WIB
Array

WaroengBerita.com – Humbahas | Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2023 di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas)  dilaksanakan di Lapangan Merdeka Doloksanggul, Kamis (17/8/2023) berjalan dengan hikmad dan lancar.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE menjadi Inspektur Upacara dan sebagai komandan upacara, Kasat Sabhara Polres Humbang Hasundutan AKP Leonard Simanjuntak SH.

Sebelum pembacaan naskah Detik-detik Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan Ramses Lumban Gaol,SH, sirine dan lonceng gereja dibunyikan beberapa saat, dan Naskah Detik-detik Proklamasi berkumandang.

Penaikan Bendera Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya dilaksanakan oleh Paskibra yang sudah dikukuhkan oleh Bupati Humbang Hasundutan satu hari sebelum Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dilaksanakan.

Hadir pada upacara ini, LVRI Humbang Hasundutan, Ketua, wakil ketua dan anggota DPRD Humbang Hasundutan, Wakil Bupati Humbang Hasundutan Dr. Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, Kajari Humbahas Anthony SH, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SIK, Pabung 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, Sekda Drs Tonny Sihombing, Ketua TP PKK Ny Lidia Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Ny Erma Oloan Paniaran Nababan, Ketua Bayangkari Humbang Hasundutan Ny.Nita Hary Ardianto, Ketua Adhyaksa Dharma Karini Humbang Hasundutan, Ny. Ismaryanti Anthony, Ketua DPW Ny Marista Tonny Sihombing dan seluruh elemen masyarakat Humbang Hasundutan.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kemerdekaan RI Indonesia ini merupakan buah dari kegigihan perjuangan panjang para pahlawan bangsa, tanpa kenal kata menyerah, mengorbankan tenaga, harta dan bahkan tetasan darah dalam mengusir penjajah.

Meski dihadapkan keadaan yang sangat sulit saat itu, para pahlawan tidak mengeluh, harapan terus dikobarkan dengan menjunjung semangat gotongroyong dan rasa persatuan, berjuang sekuat tenaga melawan penjajah untuk merebut dan mempertahankan kedaulatan bangsa.

Tema Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Sekaitan dengan tema tersebut, sebagai ungkapan terimakasih kita kepada pahlawan dan para pejuang yang telah gugur merebut kemerdekaan, sudah sepatutnya kita mengisi kemerdekaan tersebut dengan karya-karya nyata kita. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat diminta untuk bersinergi mewujudkan Indonesia Maju.

“Hal ini juga sangat relevan dengan kemauan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang saat ini telah berusia 20 tahun, yang telah kita rayakan pada tanggal 28 Juli 2023 lalu. Selama 20 Tahun Kabupaten Humbang Hasundutan sudah banyak perkembangan yang bisa dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya. (HS)

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

Berita Terbaru

Chat WhatsApp