Plt. Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani Menilai Skil & Wawasan Merupakan Kunci Keberhasilan Dalam Berwirausaha

Admin

Kamis, 10 Mar 2022 12:10 WIB
Array

waroengberita.com – Pematangsiantar| Hadiri kegiatan Capacity Building UMKM Wastra dan Kurasi Produk UMKM di Sisi Batas Labuhan, Plt Wali Kota Pematangsiantar yang diwakili oleh Asisten II Pematangsiantar mengatakan UMKM sangat berperan penting bagi perekonomian Indonesia. Bank Indonesia Lantai V, Jalan Adam Malik Kota Pematangsiantar, Rabu (9/3/2022).

“UMKM memiliki peranan penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan kontribusi signifikan, khususnya dalam pembentukan produk domestik dan penyerapan tenaga kerja. UMKM dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang dapat menjadi penopang bagi sistem keuangan dan perekonomian,” ujarnya.

Susanti dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Zainal Siahaan, mengatakan bahwa di era digital saat ini para pelaku usaha harus meningkatkan skil berwirausaha.

“Guna meningkatkan kemampuan dan agar mampu bersaing, khususnya di era digital saat ini, para pelaku usaha harus meningkatkan skill berwirausaha dan mengikuti kemajuan teknologi, termasuk terampil dalam manajemen keuangan,” ujarnya. 

“Kami dari Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar yang menggelar kegiatan Capacity Building atau Penguatan Kemampuan, Pengetahuan, dan Keterampilan bagi pelaku UMKM Wastra dan Kurasi produk UMKM di sisi batas labuhan, yakni Pematangsiantar, Simalungun, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Labuhanbatu Selatan, karena kegiatan ini termasuk salah satu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM Wastra,” tambahnya.

Green and White Breaking News Facebook Post 48

Susanti juga menghimbau para peserta untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan tersebut, guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam berwirausaha.

“Maka dari itu Pemerintah Kota Pematangsiantar mengharapkan kepada para peserta Capacity Building, agar benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan dapat menyerap hal-hal yang disampaikan pelatih atau pembimbing, sehingga nantinya pengetahuan dan wawasan para peserta meningkat dan dapat mengaplikasikannya dalam menjalankan usaha masing-masing, Semoga dengan adanya kegiatan Capacity Building ini, para pelaku UMKM Wastra bisa terus maju dan berkembang, berkreasi, berinovasi, tangguh, dan memiliki strategi dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki, meskipun pandemi covid-19 masih melanda,” ucapnya.

Lebih lanjut Plt Walikota menyampaikan bahwa merupakan keinginan bersama, produk UMKM mampu menembus pasar dan berdaya saing Internasional.

“Setidaknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain peningkatan kualitas produk, kemampuan memenuhi selera pasar dan memperluas pasar, oleh karena itu diharapkan setelah mengikuti Capacity Building ini, para pelaku UMKM Wastra di sisi batas labuhan, terutama di Kota Pematangsiantar, mampu memenuhi syarat pasar ekspor, sehingga produknya bisa menembus pasar internasional, dengan demikian akan mempercepat tercapainya Masyarakat Kota Pematangsiantar yang Sehat, Cerdas dan Berkualitas”.tutup Plt Walikota sebagaimana dibacakan Asisten II Zainal Siahaan,SE.MM. (WB080)

 

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp