Resep Gampang Membuat Martabak Manis

Abdi

Jumat, 19 Nov 2021 11:31 WIB
Array

waroengberita.com – Resep gampang membuat martabak manis.Anda senang martabak manis? Dibanding harus membeli di luar, bagaimana jika anda sendiri yang membuat martabak manis di rumah? Kue yang ini telah menjadi salah satu jajanan paling populer.

Martabak manis sama sesuai bila dihidangkan bersama dengan teh atau kopi.

Langkah membuat martabak juga bisa disebutkan lumayan gampang dan menyenangkan. Perlengkapan dan bahan yang diperlukan juga benar-benar gampang didapatkan di pasar atau supermarket paling dekat di rumah anda.

Mengajak bagian keluarga anda lainnya untuk membuat martabak. Ini bisa dijadikan salah satunya momen untuk bercengkerama dan habiskan waktu dengan keluarga . Maka, persiapkan perlengkapan dan bahan yang diperlukan, selanjutnya ikuti resep metode membuat martabak manis berikut ini, yok kita baca.

Bahan Untuk Isi Martabak:

– Martabak Keju

  1. 60 ml susu kental manis putih
  2. 100 gr keju cheddar

 

– Martabak Cokelat Kacang

  1. Cokelat meises
  2. Kacang halus
  3. 60 ml susu kental manis putih

 

Bahan Untuk Kulit Martabak:

  1. 500 gr tepung terigu
  2. 1 sdm margarine cair
  3. 600 ml air hangat
  4. 150 gr gula pasir
  5. 2 butir telur, kocok lepas
  6. 2 sdm baking powder
  7. 5 gr ragi instan
  8. ½ sendok teh garam
  9. ¼ sdt pasta vanili
  10. 200 ml santan kara

Langkah Membuat Martabak Manis Keju dan Coklat Kacang

  1. Pertama-tama, campurkan air hangat dan santan. Aduk sampai rata.
  2. Setelah tercampur rata, masukan ragi dan aduk sampai larut.
  3. Campur gula dan tepung terigu dalam suatu tempat, selanjutnya buat lubang di tengah-tengahnya. Masukan telur yang awalnya telah dikocak selanjutnya aduk sampai rata.
  4. Sedikit untuk sedikit tuang larutan santan sekalian diaduk-aduk. Bila gulanya telah larut, masukan soda kue dan ragi. Selanjutnya aduk-aduk terus adonan martabaknya sampai betul-betul tercampur rata dan licin. Bila anda punyai mixer, anda bisa memakainya dengan kemampuan sedang.
  5. Diamkan adonan supaya megar sepanjang 15 sampai 30 menit di lokasi yang hangat.
  6. Sementara itu, panasi wajan berupa bundar khusus untuk martabak, atau wajan anti lekat. Janganlah lupa untuk memolesi wajan dengan margarine seperlunya.
  7. Setelah adonan anda megar , tuang ¾ dari adonan. Sesudah keluar gelembung-gelembung pada permukaan martabak, tutup wajan. Check kematangan martabak. Apabila sudah 1/2 masak, tabur dengan gula pasir seperlunya.
  8. Kemudian tutup wajan kembali. Angkat martabak bila permukaan atasnya telah cukup jadi kering. Tempatkan martabak di talenan yang datar.
  9. Setelah dikeluarkan dari wajan, oleskan semua permukaan martabak saat panas. Untuk martabak coklat kacang, taburi cokelat meisis dan kacang lembut. Bila anda lebih sukai dengan martabak keju, parut keju chedar dan taburi keatas martabak anda. Sebagai dressing paling akhir, tuang susu kental manis putih ke semua permukaan martabak.
  10. Potong martabak memakai pisau jadi dua. Lipat jadi bentuk 1/2 lingkaran dan potongi sesuai ukuran yang anda sukai. Pakai margarine untuk memolesi semua permukaan atasnya.

Demikian cara-cara membuat martabak manis di dalam rumah. Lumayan gampang dan membahagiakan kan? Perlengkapan dan beberapa bahan untuk membikin panganan yang ini juga mudah dicari. Untuk isian dari martabaknya sendiri bergantung dari hasrat dan kemauan anda, entahlah itu martabak manis isi cokelat, keju, keju-coklat, coklat pisang atau yang lain. Mudah-mudahan berguna.

 

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp