Jangan Ngaku Pernah Ke Sumatera Utara Kalo Belum Berkunjung Ke Tempat Ini

Admin

Sabtu, 17 Sep 2022 11:44 WIB
Array

waroengberita.com – MEDAN | Provinsi Sumatera Utara merupakan suatu daerah dengan jumlah penduduk terpadat ke empat di Indonesia. Dengan luas wilayah 72.981,23 Km² dan jumlah pulau sebanyak 229 pulau, Sumatera Utara menjadi Provinsi yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Selain kekayaan ragam budaya dan adat istiadat yang dimiliki daerah ini, Sumatera Utara juga memiliki banyak tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat berada di daerah ini.

Ini dia 5 Tempat Wisata Yang Mesti Kamu Kunjungi Saat Berkunjung ke Sumatera Utara

1. Istana Maimun

27

 

Sebuah bangunan yang begitu megah, yang dirancang oleh arsitek asal Italia yang bernama Ferari, istana ini didirikan oleh Sultan Deli ke-IX yaitu Sultan Ma”moen pada 18 Agustus 1988. Bangunan mewah ini berdiri di atas lahan seluas 2772 meter persegi, yang dirancang dengan nuansa khas Melayu dan dipadukan dengan beberapa kebudayaan eropa seperti Spanyol dan Italia.

2. Danau Toba

28

 

Kalian sudah pasti sering dengar nama ini bukan,? Danau Toba merupakan danau terluas di Indonesia, dengan luas 1.130 Km² dan diapit oleh beberapa kabupaten diantaranya Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Samosir. 

Kalau berkunjung ke Danau Toba, kalian akan disajikan dengan panorama pantai bisa memanjakan mata kalian. Ini deretan pantai yang begitu menakjubkan di kawasan Danau Toba.

Pantai Lumban Bulbul

 

29

Pantai ini terletak di di Balige, Kabupaten Toba Samosir, memiliki pasir putih dengan air yang dangkal, wisatawan yang berkunjung ke sini akan merasa senang karena akan melihat view Danau Toba dari sudut yang berbeda.

Pantai Silalahi

 

 

30

Pantai yang berada di di Kabupaten Dairi ini tidak kalah menakjubkan, pantai ini juga menjadi spot faforit para wisatawan, pasalnya selain menikmati indahnya pemandangan Danau Toba, para pengunjung juga bisa memancing dan juga berkemah di tempat ini.

Pantai Batu Hoda

 

 

31

Pantai ini resmi dibuka untuk umum pada September 2018 lalu, pantai ini terletak di Pulau Samosir. Dengan keindahan alam dan pemandangan Danau Toba, kalian akan menikmati jika berlibur ke pantai ini. Pantai ini juga terbilang masih sangat alami.

Pantai Bebas Parapat

 

32

Pantai yang satu ini terletak di Parapat, Kabupaten Simalungun, tidak hanya wisatawan lokal, kalian juga akan sering menemui wisatawan mancanegara berada di pantai ini. Selain pantainya yang begitu indah, Parapat juga menediakan banyak tempat penginapan atau Hotel maupun berbagai macam restorant yang pastinya tidak akan membuat kalian merasa bosan.

3. Salib Kasih Tarutung

33

 

Salib Kasih adalah sebuah tempat wisata rohani yang dibuat untuk mengenang jasa missionaris agama Kristen yang berasal dari German Ingwer Ludwig Nommensen yang memulai misinya di tanah Batak.

Terletak di Bukit Siatas Barita, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Dengan hanya membayar Rp10.000 untuk tiket masuk, kalian akan menikmati pemandangan yang cukup menakjubkan. Untuk sampai ke bukit Salib Kasih, kalian harus melakukan perjalanan dengan jalur mendaki sekitar 100 Meter.

Namun jika kalian merasa tidak sanggup mendaki, tempat ini juga menyediakan jasa ojek yang bisa mengantar kalian menuju Salib Kasih. Diperjalanan kalian akan menemui Patik (Titah) dalam agama Kristen dari Patik Petama hingga Patik ke Sepuluh yang dituliskan di sebuah batu setiap patiknya.

Setelah tiba di atas Bukit Siatas Barita, dari sana kalian akan melihat sepenuhnya keindahan Kota Tarutung atau yang dijuluki daerah Wisata Iman.

4. Air Terjun Sipiso-piso

 

34

Air terjun tertinggi di Indonesia ini berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Air Terjun ini memiliki ketinggian hingga 120 Meter,  yang berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba serta terbentuk pada aliran sungai Panjanabolon yang merupakan salah satu sungai menyuplai air ke Danau Toba.

Air Terjun Sipiso-piso ini menjadi salah satu rekomended tempat wisata Kabupaten Karo untuk dikunjungi saat liburan, bahkan bisa menjadi destinasi wisata kelarga loh.

Kondisi jalan menuju detinasi wisata Air Terjun Sipiso-piso sudah bagus, hanya saja bagi kalian yang belum pernah kesana disarankan untuk lebih berhati hati dalam memacu kendaraan karena kondisi jalannya berkelok kelok.

5. Bukit Lawang

 

35

 

Bukit Lawang merupakan pusat rehabilitasi orangutan Sumatera, yang berdiri pada tahun 1973. Pusat Rehabilitasi ini melindungi orangutan yang telah kehilangan induknya, disini mereka akan dilatih instingnya supaya dapat dilepaskan kembali ke alam liar.

Bagi kalian yang mau berkunjung kesana, kalian harus menempuh jarak 90 Km dari Kota Medan atau sekitar 2 jam perjalanan untuk bisa sampai kesana.

Daerah ini terletak di sebuah desa yang berlokasi di sebelah selatan Taman Nasional Gunung Leuser. Desa ini merupakan pintu gerbang masuk ke pusat Konservasi alam tersebut.  (WB053)

Berita Terkait

Sabtu, 17 Sep 2022 11:44 WIB / Dibaca 225 kali
Sabtu, 17 Sep 2022 11:44 WIB / Dibaca 225 kali
Sabtu, 17 Sep 2022 11:44 WIB / Dibaca 225 kali
Sabtu, 17 Sep 2022 11:44 WIB / Dibaca 225 kali
Sabtu, 17 Sep 2022 11:44 WIB / Dibaca 225 kali

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp