Pemkab Dairi Gelar Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

Admin

Kamis, 6 Jun 2024 08:36 WIB
Array
WaroengBerita.com – Dairi | Pemerintah Kabupaten Dairi menggelar upacara memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia (World Environment Day) tahun 2024.
Peringatan upara dilaksanakan di Taman Rekreasi Sidikalang, Rabu (5/6/2024).
 
Sejumlah kegiatan dilaksanakan pada puncak peringatan hari lingkungan hidup se-Dunia ini. Ada penanaman pohon, dan pemberian bantuan alat kebersihan.
 
Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Dairi Surung Charles Bantjin membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof Dr Siti Nurbaya, menyampaikan sejumlah pesan penting tentang peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia.
 
Menurutnya, pada peringatan lingkungan hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.
 
“Presidensi G20 juga telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens yakni, krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah.
 
“Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim,” katanya.
 
Selain itu, Pj Bupati mengatakan, pemulihan dari degradasi lahan sangat penting.
Menurutnya, lahan menjadi ruang hidup manusia, menyediakan makanan, pakaian, dan tempat perlindungan. Lahan mendukung perekonomian, kehidupan, dan mata pencaharian.
 
“Untuk ini perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen “terobosan besar” bagi perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan,” tandasnya. (BS)

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp