Cara membuat Crepes Renyah

Admin

Rabu, 17 Nov 2021 12:49 WIB
Array

waroengberita.com – Crepes yang dikenali sebagai salah satunya jenis panganan yang paling disukai beberapa orang. Memiliki bentuk yang tipis dan gurih dan mempunyai bermacam variasi isi dan toping membuat disukai oleh semuanya orang. Tidaklah aneh bila jajan satu ini tidak pernah sepi dari beberapa pencinta kulineran.

Crepes ini sendiri sebagai jajan yang aslinya dari benua Eropa tetapi telah menyebar ke beragam seluruh dunia. Bila disaksikan dari sisi bahasa, nama ‘crepes’ memiliki arti mendekam, yang diambil dari bahasa Prancis, ‘crispa’. Jika disaksikan sepintas, wujud crepes ini seperti mendekap saat dihidangkan, adonan crepes ini telah dilipat-lipat lebih dulu.

Semenjak awal mula keberadaannya hingga saat ini, crepes dapat digolongkan jadi 2 jenis. Tipe yang pertama yakni crepes manis (crepe sucree). Adapun bahan tambahan yang sering dipakai untuk crepes manis ialah selai, pisang, coklat, potongan buah, es cream, sirup, gula, dan ada banyak kembali. Karena rasanya manis, crepes manis benar-benar disukai oleh kelompok anak-anak sampai dewasa.

Dan untuk jenis crepes kedua ialah crepes asin/renyah atau umum disebutkan crepe salee. Sama dengan namanya, kue satu ini mempunyai rasa yang lebih renyah atau asin. Rasa gurihnya mengambil sumber berbahan tambahan seperti bayam, telur, keju, jamur dan ada banyak kembali.

Kue cepres manis umumnya dihidangkan sebagai pembersih mulut atau sajian penutup (dessert), dan untuk crepes asin sebagai hidangan sajian pembuka. Crepes manis sendiri biasanya dibikin berbahan khusus tepung terigu, dan crepes asin dibikin dengan tepung buckwheat.

Sebagai salah satunya jajan yang demikian terkenal dan disukai oleh beragam kelompok baik tua atau muda, tidaklah aneh bila kamu bisa menemui pedagang crepes di beberapa pojok kota. Namun, kamu tidak perlu beli kue ini bila cuman untuk dapat nikmati renyahnya crepes.

Kamu dapat membuat sendiri di dapur dengan ikuti resep langkah membuat crepes di bawah ini.

Bahan2 Membuat Crepes :

  • 150 gram Tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • Vanili secukupnya.
  • 600 ml susu segar
  • 2 sdm mentega
  • 1 sdm gula halus
  • Keju parut / coklat meses secukupnya.

Cara Membuat Crepes :

  1. Campur terigu, baking powder, vanili bubuk dan gula halus.
    2. Buat lubang ditengahnya, masukkan telur, aduk rata.
    3. Tuangkan susu sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan licin dan mengental. Tambahkan mentega cair, ratakan.
    4. Panaskan pan dadar anti lengket, tuangkan adonan crepes tipis-tipis.
    5. Panggang hingga matang, angkat dan sisihkan.
    6. Taburi crepes dengan keju parut/coklat meses. Sajikan.

 

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp