Ketua KY : Tantangan Kekinian KY Dalam Pengawasan Peradilan, Saat Dies Natalis Ke-70 FH USU

Admin

Sabtu, 2 Mar 2024 07:28 WIB
Array

WaroengBerita.com – Medan | Ketua Komisi Yudisial (KY)Prof. Amzulian Rifai, S.H., LL.M menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Tantangan Kekinian KY Dalam Pengawasan Peradilan” pada peringatan Dies Natalis ke-70 Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH USU) di Aula Pengadilan Semu Kampus FH USU, Kamis (29/2/2024).

Amzulian Rifai menyampaikan, dengan keterbatasan Komisi Yudisial dan baru memiliki beberapa perwakilan di daerah masih kurang dalam melakukan pengawasan terhadap peradilan di Indonesia.

Sebelumnya, Rektor USU yang diwakili Wakil Rektor I Edy Ikhsan menyampaikan, Fakultas Hukum USU di usianya yang ke-70 sudah menghasilkan ratusan ribu alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.

Menteri Hukum dan HAM Prof Yasonna H Laoly yang juga alumni USU menyampaikan, tantangan penegakan hukum ke depan semakin kompleks. Upaya penegakan hukum lintas negara menjadi sangat penting agar Indonesia tidak dipandang sebelah mata di dunia internasional.

Dekan FH USU, Dr. Mahmul Siregar, SH,M.Hum dalam laporan tahunannya menyampaikan bahwa saat ini Fakultas Hukum USU sudah terakreditasi unggul dan sedang mempersiapkan diri untuk akreditasi internasional.

“Beberapa mahasiswa kita juga meraih prestasi tingkat internasional dan mendapat kesempatan untuk mengikuti program kampus merdeka merdeka belajar, dimana mahasiswa kita mengikuti pendidikan ke luar negeri,” tandasnya.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-70 FH USU Dr. Iwan Ginting, SH,MH dalam sambutannya menyampaikan, Dies Natalis merupakan peringatan hari lahir perguruan tinggi dan dianggap sebagai peristiwa penting yang menandai awal perjalanan pendidikan dari suatu lembaga pendidikan.

“Bagi perguruan tinggi, dies natalis mempunyai makna yang penting, karena bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, tetapi juga menjadi penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya, dan merupakan suatu kesempatan untuk menguatkan komitmen akan perubahan demi kemajuan perguruan tinggi tersebut,” katanya.

Dalam perayaan dies natalis ke-70 FH USU, lanjut Iwan Ginting panitia mengadakan rangkaian kegiatan mulai dari bakti sosok, pengabdian pada masyarakat, open house (kegiatan sosial kemasyarakatan), alumni mengajar, perlomban olahraga dan diskusi publik serta silaturahmi antar alumni yang telah berpencar ke seluruh tanah air bahkan diluar negeri dengan segala profesi serta kiprahnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat kebersamaan antar alumni, civitas akademika, dan mahasiswa Fakultas Hukum USU,” tandasnya.

Hadir juga dalam kegiatan Orasi Ilmiah Dies Natalis FH USU Ketua Ikatan Alumni FH USU Hasrul Beni Harahap,SH, MH, para guru besar seperti Prof Runtung Sitepu, para dosen FH USU, alumni FH USU dari berbagai profesi, Humas Panitia Dies Natalis Yos A Tarigan, SH,MH. (Hendra)

Berita Terkait

Sabtu, 2 Mar 2024 07:28 WIB / Dibaca 1 kali
Sabtu, 2 Mar 2024 07:28 WIB / Dibaca 1 kali
Sabtu, 2 Mar 2024 07:28 WIB / Dibaca 1 kali
Sabtu, 2 Mar 2024 07:28 WIB / Dibaca 1 kali
Sabtu, 2 Mar 2024 07:28 WIB / Dibaca 1 kali

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp