Pelaksanaan Praktik Baik Dalam Turunkan Stunting di Kabupaten Dairi

Admin

Rabu, 15 Mei 2024 07:08 WIB
Array
WaroengBerita.com – Dairi | Upaya tanpa henti selalu dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menekan angka stunting di willayahnya. Pada Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui berbagai pihak, setidaknya telah melakukan tiga pelaksanaan praktik baik penurunan stunting yaitu Pelaksanaan Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (BKB HI), Penggunaan CSR PT Indomarco Prismatama (Indomaret), serta melibatkan peran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). 
 
Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin saat paparan dalam kegiatan penilaian kinerja stunting kabupaten/kota Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat Bupati Dairi, Rabu (15/5/2024).
 
“Salah satu bentuk Praktik Baik di Kabupaten Dairi adalah kegiatan pelayanan BKB HI oleh lintas perangkat daerah yang mencakup beberapa layanan dalam sehari di Desa Tupak Raja, Kecamatan Gunung Sitember, pada tanggal 23 Agustus 2023 yang dipusatkan di Losd Desa Tupak Raja,” sebutnya.
 
Dijelaskannya, beberapa kegiatan dalam mendukung kegiatan tersebut adalah pelaksanaan posyandu kepada balita dan ibu hamil, pemeriksaan kesehatan kepada lansia, pembagian susu pertumbuhan untuk balita, pengurusan dokumen kependudukan, pelayanan KB, pembinaan kepada BKB, BKR, BKL, pembinaan kepada tutor PAUD, pembagian bibit sayuran, pembagian beras, serta pelatihan pengisian aplikasi SIDASA.
 
Adapun perangkat daerah yang terlibat adalah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pengendalian Penduduk, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan, Dinas Sosial, serta Dinas Komunikasi dan Informatika.
 
“Pemerintah Kabupaten Dairi bersama PT. Indomarco Prismatama (INDOMARET) dan Bebelac juga telah menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) kepada keluarga beresiko stunting sebagai upaya untuk mendukung program percepatan penurunan stunting,” tandasnya. (BS)

Berita Terkait

Komentar

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Chat WhatsApp